Jumat, 14 September 2012

Gejala TBC Pada Anak

tuberkulosis ( tb atau tbc ) pada anak memanglah tidak sama dengan tb pada orang dewasa. tb pada anak menginfeksi primer di parenkim paru yang tidak mengakibatkan refleks batuk, hingga jarang ditemukan tanda-tanda khas tb layaknya batuk berdahak. 

pada parenkim paru ini juga kuman condong lebih sedikit, jadi tb tidak menular pada sesama anak. tb amat gampang menular dari orangtua ke anak, namun tb tidak menular dari anak ke anak. 

tbc yaitu penyakit serius yang mudah menular dengan segera lewat hawa. anak-anak dengan kekebalan tubuh jelek sangat rawan tertular tb dari orang dewasa yang positif tb. namun tb tidak menular pada sesama anak. 

tanda-tanda tb pada anak lebih sulit didiagnosis lantaran bukan hanya adalah tanda-tanda khas tb. pada anak jarang ditemukan tanda-tanda batuk berdahak layaknya yang diderita pada orang dewasa. serta kerapkali terjadi salah diagnosa, lantaran tanda-tanda yang dialami dapat juga adalah tanda-tanda penyakit lain. 

tb pada anak dapat ditandai dengan gejala-gejala tersebut layaknya ditulis mayoclinic, selasa ( 6/3/2012 ) : 
demam lama atau berulang, namun tidak terlampau tinggi 
tak ada nafsu makan ( anoreksia ) 
berat badan tidak naik-naik 
malnutrisi atau masalah gizi 
multi l ( lemah, letih, lesu, capek, lemas letoy, loyo, lambat ) 
batuk lama atau berulang, namun tidak berdahak ( namun kerapkali ini adalah tanda-tanda asma ) 
diare berulang 

diagnosis tb pada anak tidak dapat dikerjakan dengan uji dahak ( sputum test ), lantaran memanglah jarang pasien tb anak alami batuk berdahak. tak hanya itu, photo roentgen pada anak juga tidak dapat berikan diagnosa yang pas. jadi dibutuhkan uji tuberkulin atau uji mantoux. 

uji tuberkulin dikerjakan dengan menyuntikkan tuberkulin ppd intrakutan di volar lengan bawah. reaksi obat bisa dilihat 48 sampai 72 jam sesudah penyuntikan. uji tuberkulin positif tunjukkan adanya infeksi tb. 

untuk penyembuhan tb pada anak memakai tiga macam obat, yakni inh, rifampicin serta pirazinamide. pemberian obat inh serta rifampicin sepanjang dua bln., serta pirazinamide sepanjang empat bln., hingga sekurang-kurangnya pemberian obat sama juga dengan orang dewasa, yakni enam bln.. 

saat seorang anak telah menderita tb aktif, jadi semua bagian keluarga serta orang dewasa lain yang kontak dekat dengan si anak mesti di check untuk melacak sumber penularan serta selekasnya diobati, supaya rantai penularan bisa dihentikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar